FacebookInstagramYoutube

Muslimah IKAT Aceh Adakan Pelatihan Tajhiz Jenazah

Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Bidang Pemberdayaan Muslimah melaksanakan kegiatan pelatihan Tajhiz Jenazah di Komplek Bumi Asri Desa Reuloh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Kegiatan ini bertema “Urgensi Prosesi Fardhu Kifayah dalam Penguatan Kader Umat,” berlangsung sejak pukul 09.00 hingga menjelang siang.

Cut Endang Sari, Lc., MA. selaku Wakil Ketua IKAT Bidang Pemberdayaan Muslimah menyebutkan bahwa kehadiran mereka ke desa Reuloh adalah inisiatif dari masyarakat desa sendiri. Ia  juga menjelaskan bahwa mereka selalu siap untuk melakukan pelatihan dan pengkajian dalam rangka peningkatan kualitas keilmuan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan gerakan pengabdian dan tanggung jawab keilmuan. Bidang Muslimah IKAT juga memiliki tenaga ahli di dalam berbagai bidang, seperti Pelatihan Fardhu Kifayah, Tahsin, Tahfiz, Mawaris, Fikih, Ekonomi, Bahasa dan bidang lainnya.

Nurmarini, BA., salah satu Tim Pelatihan Tajhiz Jenazah yang turun ke Desa Reuloh menjelaskan bahwa kegiatan ini masih bersifat kondisional. Bidang Muslimah IKAT juga mengadakan kajian rutin pada Minggu, (26/11/2017). Kajian ini diasuh oleh Ustazah Rafiqah Ahmad, Lc., MA, Dosen Ekonomi Syariah, dan Ustazah Dr. Sarina Aini, Lc. MA, Dosen Fikih dan Ushul Fikih.

Acara ini dilangsungkan untuk membahas kajian kajian kontemporer dan peningkatan wawasan keilmuan anggota IKAT. Dr. Sarina Aini menyebutkan bahwa agenda ini sangat penting, bahkan kalau memungkinkan diperluas areanya. Spirit diskusi dan peningkatan keilmuan muslimah harus terus digenjot untuk menghadapi tantangan global yang semakin deras. Sarina juga mengingatkan bahwa peningkatan keilmuan bukan hanya untuk akademisi.

Cut Endang, Lc., menambahkan menyebutkan bahwa agenda ini merupakan ajang silaturahmi, disamping penguatan keilmuan. Pengalaman menuntut ilmu di berbagai negara di Timur Tengah tentu harus mampu kita artikulasikan dalam kegiatan dan keseharian kita. Jangan sampai amanah keilmuan yang kita emban menjadi bias.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
TERBARU

INFO TIMTENG

BERITA POPULAR