FacebookInstagramYoutube

IKAT Aceh Undang Syeh Hisyam Kamil Ke Aceh, Berikut Rincian Agendanya!

IKAT Aceh undang ulama Al Azhar Safari Dakwah ke Aceh. Safari Dakwah ini akan digelar selama tiga hari, 10-12 September 2023 dan akan berfokus di Barat Selatan Aceh. Dalam Hal ini IKAT Aceh mengundang Syeh Hisyam Kamil al Hamid al Azhary, Salah satu Ulama MudaKebangsaan Mesir yang berguru langsung pada Syeh Ali Jumu’ah, Mantan Mufti Mesir.

Safari dakwah akan dimulai pada Minggu, 10/9 dengan berkunjung ke Pesantren Insan Qurani, Aneuk Bate, Aceh Besar untuk menghadiahkan tiga Sanad kitab beliau yang menjadi acuan Pesantren dalam mengajar. Selanjutnya, ulama kelahiran Shubra, Mesir ini langsung bertolak ke Meulaboh dalam rangka menghadiri Haul Abuya H. Muhammad Nasir Waly di kompleks Dayah Serambi Mekah. Dalam kunjungan tersebut, beliau juga akan mengisi kajian hadis.

Pada pagi selanjutnya, Senin (11/9)  beliau akan bersilaturahmi ke Pesantren Ruhul Qurani, Meulaboh dan mengisi Daurah Hadis “Al Arba’in Annawawiyah”. Pada daurah ini, Syeh juga akan membacakan dan memberikan sanad ‘am kepada seluruh peserta yang berhadir.

Selanjutnya, Safari dakwah akan dilanjutkan di Dayah Istiqamatuddin Babul Ma’arif Serambi Aceh dalam rangka mengisi kajian kitab “Assyamail al Muhammadiyah”. Kitab ini merupakan salah satu kitab yang pernah beliau kaji dan melahirkan karya syarahan beliau “Isytiraqat As-Saniyah”. Usai menghabiskan dua hari di Meulaboh, Selasa (12/9) Syeh akan bersilatuirahmi ke kediaman Abuya Mawardi Waly Al Khalidy, Pimpinan Pesantren Darussalam Labuhan Haji yang didirikan oleh Abuya Syeh Muda Waly Al Khalidy, Bapak Pendidikan Aceh.

Baca Juga: Biografi Syeh Hisyam kamil di sini

Silaturahmi tersebut juga menjadi titik balik histroris perjalanan keilmuan Abuya Mawardi Waly sebagai mahasiswa Al Azhar, Kairo serta abangda beliau, Almarhum Abuya Muhibbudin Waly sebagai Mahasiswa Aceh pertama yang mendapat gelar doktor dari Universitas Al-Azhar, Kairo pada tahun 1969. Di hari yang sama, beliau juga akan langsung bertolak ke Banda Aceh menuju Dayah Madani al-Aziziyah dalam rangka bersilaturahmi dangan Abiya Hatta. Kunjungan ini sekaligus menjadi pengerat ukhwah Kembali, mengingat Abiya Hatta juga merupakan Alumni Universitas Al Azhar yang saat ini menjabat sebaga wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

DSC04288
Pengajian Syeh Hisyam Kamil di Meuligie KMA Mesir

Katua IKAT Aceh, Tgk. Khalid Mudatstsir, Lc., M.Ag menegaskan bahwa Undangan Safari Dakwa Syeh Hisyam Kamil Al Azhari ini merupakan bentuk komitmen IKAT Aceh sebagai lembaga yang berbasis Dakwah Islam.

“IKAT dikenal oleh publik sebagai lembaga Berbasis Dakwah Islam. IKAT berkomitmen untuk berbuat dan berbagi kebaikan untuk Seuramoe Mekah.”

Beliau juga menambahkan bahwa Syeh Hisyam dikenal sangat dekat dengan mahasiswa asing,

“Syeh Hisyam dikenal dengan keilmuannya dan beliau dekat dengan mahasiswa asing, beliau juga pernah mengajar Fikih di Meuligoe KMA Mesir” ungkapnya

Selain Itu Ketua Panitia Safari Dakwah, Tgk. Mujtahid Anwar, Lc., M.Ag menyampaikan harapannya agar momentum safari dakwah ini menjadi ajang meningkatkan semangat keilmuan Masyarakat Aceh sekaligus pengerat keilmuan antara Al Azhar dan Aceh.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan ulama al Azhar dapat meningkatkan semangat keilmuan Masyarakat Aceh secara umum serta para alumni al Azhar secara khusus. Dan kunjungan kali ini sebagai wujud mengeratkan Kembali hubungan keilmuan antara Aceh dan al-Azhar, di mana Dayah Darussalam merupakan salah satu dayah tertua di Aceh dan pelopor pendidikan masyarakat Aceh ke Timur Tengah.”

Dalam wawancaranya, beliau juga meminta dukungan dari berbagai pihak agar sama-sama dapat mendukung dan menyukseskan Safari Dakwah kali ini. []

Redaktur: Annas Muttaqin

Editor: Farhan Jihadi

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
TERBARU

INFO TIMTENG

BERITA POPULAR