FacebookInstagramYoutube

IKAT Aceh Berangkatkan Mahasiswa Baru Aceh ke Al Azhar, Mesir

Ikataceh.org (19/11) IKAT Aceh berangkatkan Mahasiswa Baru Aceh ke Al Azhar, Mesir pada Minggu, (19/11/23), di Bandara Sultan Iskandar Muda.

Pelepasan ini juga turut dihadiri oleh Ustaz Mubashirullah, Ustaz Rasyid Banchin serta Sekjen IKAT Aceh, Ustaz Fitra Ramadhani. Agenda pelepasan ini dilakukan setelah berbagai rentetan agenda edukasi IKAT Aceh tentang dunia perkuliahan Timur Tengah berupa Sosialisasi ke berbagai dayah yang ada di Aceh, Bimbel Persiapan Tes ke Timur Tengah, mengawal kelulusan dan mendampingi pemberkasan Calon Mahasiswa Baru yang dinyatakan lulus tes, hingga pemberangkatan dan pendampingan oleh IKAT Aceh hingga sampai ke Mesir.

Ketua IKAT Aceh, Ustaz Khalid Muddatstsir, dalam pelepasannya menitipkan pesan kepada setiap Calon Mahasiswa Baru Universitas Al Azhar untuk senantiasa menjaga dan memperbaharui niatnya.

”Jaga niat kalian! sebagaimana niat pertama kalian dari Aceh ke Mesir mau menuntut ilmu, maka jaga niat tersebut sampai selesai, jangan sampai salah arah. Jangan tergiur dengan kehidupan yang tidak mendukung nilai-nilai akademik setelah sampai ke sana. Dan carilah lingkungan yang mambawa kalian pada kebaikan-kebaikan. Ingat! saat kalian meninggalkan Aceh menuju Mesir, kalian memiliki beban moril menjaga nama baik orang tua, nama baik almamater, dan nama baik Aceh”

“IKAT Aceh sejak 2013, ketua pertama yang dipimpin oleh Ustaz M. Fadhil Rahmi, kemudian dilanjutkan dengan Ustaz Fadhillah, berkomitmen memfasilitasi mahasiswa Aceh yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Mesir, mengingat banyaknya santriwan dan santriwati Aceh yang ingin melanjutkan pendidikannya di kampus-kampus Timur Tengah, khususnya Al Azhar ” lanjut Ustaz Khalid Muddatstsir.

Selain keberangkatan gelombang pertama 36 Calon Mahasiswa Baru, IKAT Aceh juga akan memberangkatkan gelombang selanjutnya dengan total keberangkatan 55 Calon Mahasiswa Baru Universitas Al Azhar asal Aceh. Para Calon Mahasiswa Universitas Al Azhar yang di mediatori oleh IKAT Aceh akan disambut oleh Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA Mesir) dan telah disiapkan tempat tinggal.

Ustaz Zuhri Sulaiman selaku tim Edukasi IKAT Aceh menyatakan rasa syukurnya terhadap masih kentalnya minat santriwan dan santriwati Aceh untuk melanjutkan pendidikannya ke Timur Tengah

“Alhamdulillah dengan 55 anak Aceh yang lulus seleksi Kemenag ini, membuktikan bahwa  minat santri-santri kita untuk melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah masih tinggi” ungkapnya Ustaz Zuhri

Selain itu, Ustaz Zuhri juga menegaskan bahwa untuk melanjutkan pendidikan ke Timur tengah harus melalui tes penyeleksian Kemenag.

“Untuk melanjutkan kuliah ke Universitas Al Azhar Mesir, maka terlebih dahulu harus lulus seleksi yang diadakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia” lanjutnya. []

Redaktur: Deffa Cahyana Harits

Editor: Annas Muttaqin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
TERBARU

INFO TIMTENG

BERITA POPULAR